Food

Uniknya Jambu Mawar

jambu mawar

Jambu Mawar, begitu orang menyebutnya. Awalnya sempat heran juga sih kok jambu dikasi embel-embel mawar, mirip mawar dari mananya coba?

Tapi setelah beberapa saat yang lalu lihat langsung dan cicip baru tahu alasannya mengapa tuh jambu disebut “Jambu Mawar”. Ternyata jambu yang berukuran sangat kecil ini memiliki bau wangi seperti mawar. Betul lho ini. kalau kita makan nih jambu serasa makan mawar.

Bagaimana rasanya?

Soal rasa kayaknya agak kurang pas dengan lidahku, menurutku rasa jambu air dan jambu biji tetap nomor wahid. Rasa jambu ini aneh. Agak kelat, manisnya sedikit, teksturnya crunchy, ada sedikit pahit dan wanginya yang bikin kita rasa-rasa makan bunga mawar.

Kalau kata yang punya jambu kemarin sih wanginya itu bagus untuk yang memakan. Kita bisa ikut-ikutan wangi, waw, kalau memang bisa membuat badan jadi wangi mau dong ya. Tapi belum tahu betul atau tidaknya karena kemarin makan hanya beberapa biji. Kayaknya kalau mau ngefek ke bau badan makannya agak rutin deh.

Oh iya, jambu mawar ini ternyata memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Daunnya digunakan untuk bahan baku pembuatan wewangian.

2. Obat cacar air. caranya kita haluskan daun jambu mawar dan gosokkan pada seluruh kulit kita. Ga pernah coba sih, ini baru katanya.

3. Obat lapar. Heheheee…

4. Bahan sayur. Konon kabarnya sebagian orang mengolah jambu air menjadi makanan. Kayaknya enak ya.

Kalian pernah makan jambu mawar? Bagaimana? Suka? Cerita dong

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *