Cerita

Ciplukan, cemilan masa kecil sejuta manfaat

Ciplukan? Kalau aku dan teman-teman di Bengkulu menyebutnya “seletup”.

Pernah makan?

Hahh…………..salah satu cemilan masa kecil yang penuh kenangan. Ingat kalau masih kecil dulu nih buah liar jadi favorit aku dan teman-teman kalau keliling kompleks.

Rasanya gimana sih?

Rasanya manis, sedikit asam dan gurih. Banyak biji kecil-kecil di dalamnya.

Batangnya bagaimana?

Ini nih batangnya. Batangnya mirip rumput liar. Kalau tidak tahu bisa dimakan kemungkinan besar akan dimusnahkan oleh yang melihatnya.

golden berry 3

Itu kemarin aku dan suami nemu di tanah kosong di dekat rumah. kami jalan pagi dengan anak kami Ichi, mumpung libur kan ya. Eh…sewaktu lewat dekat masjid ada tanah kosng yang ditumbuhi ciplukan. Aku langsung foto-foto. Sudah lama sekali tidak cicip buah cemilan masa kecil.

Dulu sewaktu aku masih kecil tumbuhan ini banyak sekali, bisa dibilang ada dimana-mana. Beda dengan sekarang, susah sekali ditemukan karena tanah kosong sudah jarang. kalau tidka dibangun sesuatu biasanya ditanami dengan tanaman yang dianggap bermanfaat.

Tapi lho ya

Ternyata nih ciplukan mengandung banyak manfaat. Aku juga baru tahu, kalau tahu dari dulu mungkin aku ngebun ciplukan kali ya hehe… Harganya mahal lho, kalau ga salah kemarin katanya dihargai ratusan ribu sekilo, uwaw waw. Lumayan banget kan yah, ini namanya bisa ngalahin harga lada dong.

Jadi apa manfaat buah ciplukan alias golden berry ini?

Obat susah pipis.

Nah..kalau kami biasanya kalau ada anak yang susah pipis akan dibuatkan air rebusan buah + daun + batang + akar ciplukan untuk diminum. Biasanya ini sangat manjur. Diminum 3 kali sehari sampai sembuh. 

Untuk obat kurap

Konon katanya bisa digunakan untuk obat kurap. Nah, kalau yang tidak pernah coba sih hanya berdasarkan cerita orang. Katanya kita tinggal mengoleskan buah ciplukan masak yang sudah dihaluskan ke kurap. 

Menurunkan kolesterol

Hayo  siapa yang bermasalah dengan yang namanya kolesterol. Ini adalah hal yang cukup berbahaya untuk tubuh. Katanya nih ya, makan buah ciplukan secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh kita. 

Antioksidan

Buah ciplukan ternyata mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Dan banyak lagi manfaat buah ciplukan yang lainnya yang bisa jadi bahasan panjang lebar kita. Jadi rasa-rasa pengen nanam ciplukan deh ah. Hayo, mau coba? 🙂

17 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *