• Food

    Uniknya Jambu Mawar

    Jambu Mawar, begitu orang menyebutnya. Awalnya sempat heran juga sih kok jambu dikasi embel-embel mawar, mirip mawar dari mananya coba? Tapi setelah beberapa saat yang lalu lihat langsung dan cicip baru tahu alasannya mengapa tuh jambu disebut “Jambu Mawar”. Ternyata jambu yang berukuran sangat kecil ini memiliki bau wangi seperti mawar. Betul lho ini. kalau kita makan nih jambu serasa makan mawar. Bagaimana rasanya? Soal rasa kayaknya agak kurang pas dengan lidahku, menurutku rasa jambu air dan jambu biji tetap nomor wahid. Rasa jambu ini aneh. Agak kelat, manisnya sedikit, teksturnya crunchy, ada sedikit pahit dan wanginya yang bikin kita rasa-rasa makan bunga mawar. Kalau kata yang punya jambu kemarin…

  • Food

    Jambu air ternyata mengandung banyak manfaat

    Ini flash back sewaktu masih hamil kemarin. Aku yang sedang hamil 8 masuk 9 bulan kala itu jalan pagi hampir setiap hari di lingkungan RT. Selain supaya sehat kabarnya olahraga jalan pagi ini baik sekali untuk melancarkan persalinan. Aku yang kepengen melahirkan secara normal ini tentu langsung jalan pagi hehe. Demi melahirkan normal, iyes. Sebenarnya kepengen jalan pagi di pinggir pantai, tapi agak susah karena harus ke sana naik motor dulu. Enakan keliling RT kan ya, tinggal jalan. Namanya juga jalan-jalan di lingkungan perumahan, banyak sekali ketemu dengan para tetangga dan tak urung bertegur sapa. Salah satunya dengan Ibunya Adit, sewaktu kami lewat beliau sedang bersih-bersih rumah sambil ngomel. Ternyata…

  • Food

    Ngomongin Makaroni Yuks

    Ceritanya nih aku cari-cari informasi tentang makaroni. Well, aku penasaran tentang olahan gandum ini. Karena sedang marak jualan beragam sncak makaroni. Ntah itu makaroni gorenglah, makaroni pedas lah, makaroni siap makan lah, dan lain sebagainya. Sudah berapa orang teman yang menawarkan makaroni goreng. Bhakan kemarin dapat oleh-oleh makaroni goreng dari kakak sepupu di Tanggerang. The Fact Makaroni terbuat dari gandum durum Ternyata eh ternyata makaroni itu terbuat dari gandum durum. Apa pula itu gamdum durum. Aku baru pertama ini mendengarnya. Ternyata gandum durum adalah gandum yang berwarna kuning. Berbeda dengan gandum lain yang biasanya berwarna putih. So, jangan heran kalau si makaroni warnanya kuning. Karena bahan utamanya memang gandum yang…

  • Food

    Ayo Makan Telur dan Ayam

    Lahir menjadi seorang anak pedagang sate Padang membuatku sangat akrab dengan yang namanya ayam dan telur. Ayam dan telur adalah bahan makanan yang setiap hari aku lihat di rumah. Setiap pagi tukang ayam yang mengantarnya langsung ke rumah. Pernah lho karena setiap hari lihat ayam dan telur di rumah membuat aku dan adik-adik bilang ayam lagi ayam lagi. Pokoknya kalau aku dan adik-adik dapat kesempatan ke pasar yang dibeli pasti ikan. Sudah bosan lihat ayam dan telur. Tapi ternyata kami seharusnya bersyukur karena bisa lihat yang namanya daging ayam dan telur setiap hari. Karena dibalik baunya yang aduhai terdapat kandungan gizi luar biasa untuk kita. Penasaran apa? Yuk kita bahas…