Food

Bahas sawi pahit yuk

Pasti tau donk apa itu Sawi Pahit dan rupanya seperti apa, sayur ini familiar banget di keluarga di Indonesia, dari pasar rakyat hingga supermarket, sayur ini dengan mudah ditemukan lho. Berbicara dari segi tampilan luar, sawi pahit itu fisiknya lebih menguncup seperti bunga yang belum mekar dan juga batangnya yang pendek. Berbicara dari segi rasa atau Taste, sawi pahit sesuai seperti namanya lah, terasa sedikit lebih pahit dibandingkan sawi hijau biasa meski tidak sepahit daun pepaya sih.

Tapi, tapi, tapi, disamping memang rasanya yang pahit, sawi pahit ini ternyata mengandung cukup banyak manfaat lho. Ada banyak banget zat yang berguna untuk tubuh kita terkandung di dalamnya, beberapa diantaranya adalah folat, mangan, magnesium, kalium dan fosfor. Kandungan non – gizinya juga ada lho, sebut saja serat atau fiber yang kadarnya cukup tinggi. Truss, Sayur Sawi kaya juga sama vitamin K, B, C, A dan E. Banyak banget kan kandungannya, makanya gak salah kalo sawi pahit disebut sebagai sayur dengan segudang manfaat. ceilee.

Selain dari itu, yuk kita lihat manfaat apa lagi yang ada dari sayuran ini:

Menambah Tingkat Imun Tubuh

Mengkonsumsi sawi pahit sekitar 1 cangkir saja, sudah memenuhi 58% kebutuhan vitamin C harian kamu lho. Manfaat vitamin C untuk tubuh sendiri sangatlah banyak dari mulai menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperlambat penuaan sel pada tubuh, merawat jaringan tubuh yang sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun kolagen, melawan radikal bebas sekaligus menjaga kesehatan pembuluh darah kamu.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tentu bisa sangat berbahaya untuk tubuh, karena kolesterol akan sulit diubah menjadi asam empedu. Salah satu fungsi dari sawi pahit ini ialah untuk meningkatkan pengikatan empedu khususnya saat dimasak sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan juga segala jenis kanker.

Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mata

Kandungan vitamin A yang terkandung dalam sayur sawi pahit sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, fungsi neurologis dan juga menjaga kecantikan kulit. Konsumsi makanan tinggi akan vitamin A seperti sawi pahit nantinya juga bisa memberikan efek vitalitas yang lebih maksimal, karena semua fungsi tubuh yang akan terjaga dengan baik karena kandungan vitamin A tinggi dalam sayuran ini. keren kan.

Kaya Fitonutrien

Kandungan fitonutrien tinggi dalam sawi pahit ini sangat penting untuk pencegahan penyakit dan memastikan tubuh selalu bisa berfungsi dengan baik. Mengkonsumsi sawi pahit yang tinggi akan fitonutrien ini nantinya akan menurunkan berbagai risiko penyakit berbahaya seperti obesitas, memperlambat penuaan otak dan juga mencegah diabetes.

Mengandung Kadar Serat Tinggi

Manfaat serat tinggi yang ada dalam sawi pahit ini bisa mengontrol kolesterol dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol tersebut di dalam usus. Mengkonsumsi sawi pahit akan membantu dalam pergerakan usus halus sekaligus melindungi tubuh anda dari sembelit, wasir dan penyakit usus besar seperti kanker usus besar. Ditambah lagi nih ya, konsumsi sawi pahit nantinya juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan penyakit gastrointestinal lainnya.

Detoksifikasi Darah dan Hati

Sawi pahit sangat baik dikonsumsi untuk membersihkan organ hati karena tinggi akan kandungan klorofil. Sawi pahit bisa memberikan manfaat detoksifikasi hati sekaligus darah dari logam berat, bahan kimia dan juga pestisida yang ada di dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian bahkan dibuktikan jika sawi pahit memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah kanker.

Tapi inget ya, dalam tahap memasak sayuran pada umumnya, terutama sawi pahit ini, kamu harus taati aturan dasarnya. Yaitu, pastikan warna hijau sayuran tersebut masih berwarna hijau, jangan sampai layu, dalam arti lain, jangan terlalu lama memasaknya, agar semua zat-zat baiknya tetap terjaga. okeh.

22 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *