TIdak Haid Hampir Setahun Karena KB Suntik 3 Bulan


                                       


Aduh aduh aduh ini aku sudah hampir setahun ga dapat tamu bulanan alias haid, alias halangan. Bingung dan sedikit khawatir tentu. Badan berasa ga beres gitu. Tes kehamilan aku ga hamil, makan biasa tapi masih endut.

Sejak kapan ga halangan?
Sejak tahun lalu

Kok bisa ga halangan?
Aku ga halangan semenjak pake KB suntik 3 bulan tahun lalu. Jadi ceritanya pada bulan Mei 2018 aku melahirkan anakku Ichi. Agar aman dan damai aku dan suami memtuskan untuk pasang KB. Hal ini dimaksudkan agar rentang umur Ichi dan si adik cukup, ya....3 atau 4 tahun lah. Tapi keanehan terjadi, mulai bulan pertama aku suntik KB aku tidak halangan.

Ok, Fix mungkin ini karena bulan pertama halangan batinku. hari berganti aku pun memasuki bulan kedua setelah suntuk KB. Eh...kok belum juga halangan. Mungkin nanti pas bulan ketiga pikirku. Tapi setelah bulan ketiga datang aku tak kunjung halangan. Wah...benar saja lho, aku pun langsung konsultasi dengan kakak sepupuku yang kebetulan kerja di sebuah puskesmas di Kota Bengkulu.

Aku curhat prihal badanku yang belum turun juga beratnya dan curhat tentang halanan yang belum kunjung datang. Di luar dugaan, dia menyarankanku untuk berhenti KB. Katanya KB suntik 3 bulan itu memang merubah hormon dan tidak halangan adalah hal yang biasa. Wah...benar saja batinku, ini kok dianggap hal yang biasa. Perempuan itu harusnya kalau tidak hamil kan datang bulan setiap bulan secara rutin. Kakak sepupuku menyarankan untuk pasang spiral saja.

Ok, aku dan suami setuju pasang spiral. Tapi kabarnya pasang spiral hanya bisa dilakukan saat kita halangan. Nah lho, gimana aku mau pasang spiral kalau gitu.

                                           

Ini sudah masuk bulan April 2019, artinya aku sudah kelamaan menunggu halangan :D
Badanku sudah kelamaan endut, stand by di angka 62 Kg. Aku rindu angka 48 haha. Perubahan hormon ini cukup sudah. Aku kan suntik KB hanya sekali. Kapok rasanya dengan suntik KB ini.

Kalau kalian bagaimana? Apakah punya kisah dengan suntik KB 3 bulan? Cocok? Ada saran?

Ah...dilema mak-mak ini





QuickEdit

You Might Also Like

6 comments:

  1. Mama aku waktu suntik kb juga ngalamin hal yg sama. Sama sampe pada akhirnya mamaku tuh memutuskan untuk pindah alat kontrasepsi ke pil. Nah pas pindah ini baru menstruasinya lancar. Coba deh pake pil Mba, kalo gak salah belinya yang Yas. Katanya itu bagus kok buat kulit juga

    ReplyDelete
  2. Belum punya pengalaman...
    Belum nikah soalnya, hehe

    Gak coba pake IUD? Kayaknya lebih enak

    ReplyDelete
  3. Setahu aku "Katanya KB suntik 3 bulan itu memang merubah hormon dan tidak halangan adalah hal yang biasa" memang benar sih mba, walau saya cowo. Tapi ikut seminar kesehatan pernah iktu juga. :)

    ReplyDelete
  4. Dulu saya juga mengalaminya, Mbak. Gak haid sampai beberapa bulan, gara-gara disuntik 3 bulan sekali.
    Sekarang pakai IUD, haidnya jadi lancar

    ReplyDelete
  5. Kalau cerita dari teman-teman soal pemakaian KB trus nggak halangan pernah dengar sih mbak, cuman juga kurang nyimak itu kelanjutannya gimana hheee
    Belum nikah juga sih heheheee
    Paling nggak tahu sih ya hehee

    ReplyDelete
  6. Mungkin masing masing orang punya pengalaman berbeda. Diriku ngga suntik KB. Cowok ngga boleh kak. hehehehe

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/pita.oranye) (twitter=https://mobile.twitter.com/ArlindaZefy) (instagram=https://www.instagram.com/zarlindazeze/)