Bermain Ciluk Ba Untuk Anak 0-1 Tahun





Permainan untuk anak 0-1 tahun

Usia Ichi yang sudah masuk 10 bulan ini sepertinya membuat aku dan suami harus lebih kreatif dalam mengasuhnya. Hmm…….dianya mulai aktif dalam bergerak dan bermain. Kadang kalau aku dan suami mengasuhnya hanya dengan menggendong, ngobrol dan bermain dengan hal itu-itu saja sepertinya dia bosan.

Percaya tak percaya memang ternyata bayi umur 10 bulan bisa bosanan juga lho, suer. Kayaknya kita perlu sebuah permaian agar lebih dekat dengan si kecil.

Memang betul bahwa untuk anak umur 0-1 tahun kedekatan kita dengan si kecil dapat terjalin dengan beragam interaksi sederhana sehari-hari seperti menggendong, kegiatan mandi, beaian, kecupan, menidurkan dan sentuhan-sentuhan lain. Tapi kalau ada permaian tersendiri seru juga kan ya.

Sebagai informasi nih, untuk anak umur 0-1 tahun mereka baru bisa berinteraksi dengan tertawa, menangis atau tersenyum. Agak bingung juga awalnya cari permaian untuk Ichi. Setelah baca-baca dan dengar beragam cerita dari para senior ternyata banyak juga permainan seru untuk Ichi. Ini nih daftar permainannya. Hal-hal yang biasa dilakukan anak umur 0-1 tahun:

1. Bayi belajar mengangkap kepalanya dan mulai mengikuti objek dengan matanya
2. Bereaksi terhadap suatu bunyi
3. Menahan benda yang dipegang
4. Mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh
5. Mengangakat kepala 90 dan mengangkat dada dengan
    bertopang tangan
6. Mulai belajar meraih benda yang ada dalam jangkauan dan di luar 
jangkauannya
7. Berusaha memperluas area pandangannya
8. Tertawa dan menjerit ketika diajak bermain
9. Dapat duduk tanpa dibantu dan tengkurap lalu berbalik sendiri.
10. Dapat merangkak untuk mendekati objek dan meraih benda
11. Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain
12. Memegang benda berukuran kecil dengan ibu jari dan telunjuk
13. Meluapkan perasaan gembira dengan melempar benda
14. Mengekspresikan perasaan gembira dengan mengeluarkan kata-kata 
tanpa arti
15. Mengenal muka orang yang terdekat dan takut melihat wajah orang yang jarang ditemuinya
16. Mulai berpartisipasi dalam permainan tepuk tangan dan tebak-
tebakan
17. Dapat berdiri sendiri dan berjalan dengan dituntun
18. Mulai menirukan suara dan mengulang bunyi yang didengarnya
19. Belajar mengatakan beberapa kata. Menegrti bahasa perintah dan 
larangan yang sederhana
20. Ingin tahu akan segala hal baik dengan melihat, menyentuh hingga 
memasukkan benda yang dipegang ke mulutnya

Waw, banyak ya. Jadi permainan yang cocok apa aja nih? Aku awalnya mikir. Ternyata kita bisa coba permainan ini.

Main Ci Luk Ba!

Permainan yang sangat sederhana ini selalu berhasil membuat buah hati tertawa riang. Ayah Bunda cukup menyembunyikan muka mereka dan mngejutkan buah hati

Alat Yang Diperlukan

Selain menggunakan tangan, Ayah Bunda juga bisa menggunakan benda lain untuk menutupi wajah. Misalnya, bantal, kertas, buku, dan kain.

Cara Bermain

Sembunyikan wajah anda dengan tangan atau peralatan lain. Lalu, menculkan wajah anda tiba-tiba. Tunjukkan ekspresi wajah yang tersenyum atau mungkin yang terlucu pada anak anda. Hentikan permainan jika anak menangis karena terkejut
Sembunyikan wajah anda di balik kain, biarkan tangan buah hati meraba wajah anda dan menarik kainnya. Tampilkan wajah lucu agar ia tertawa. Setelah itu, cobalah minta agar ia mengulangi permainan ini.

Nilai Lebih Yang Diperoleh Anak

Mengenalkan konsep “hilang” dan “muncul”.

Aku dah coba main ciluk ba dengan Ichi, lucu sekali pas lihat dia ketawa-tawa saat kita bilang baaa……………….eh ada saran jenis permainan lain ga sih?

QuickEdit

You Might Also Like

9 comments:

  1. Permainan sederhana namun memiliki arti yang dalam ya kak. konsep hilang dan muncul. sama seperti hidup kelak. mungkin bermain memasukkan gelang gelang kedalam tiang sesuai urutan dan ukuran juga seru kak. mengajarkan urutan, bentuk, ruang dan warna

    ReplyDelete
  2. aku baru tau ternyata permainan ciluk ba ini ada manfaat yang tersembunyi bagi balita usia 1 tahun ya mba. Tapi, kayanya jangan terlalu kenceng juga ya ngomong cilukbanya biar tidak kaget haha

    ReplyDelete
  3. Hihihi main ciluk ba tampak sederhana ternyata banyak manfaatnya ya bagi bayi 10 bulqn, Ichi lucu banget sih, gemesin

    ReplyDelete
  4. Woahhh baru tahu nih mbak, ternyata sesederhana bermain cilukba bisa punya banyak manfaatnya *_*
    Tapi emang seru sih pas adek bayi diajak main cilukba, ketawanya pasti ngakak deh heheee

    ReplyDelete
  5. Wah aku jadi belajar lagi nih. Bentar lagi mau ada bayi soalnya. Thanks mbak

    ReplyDelete
  6. ci luk ba.... ah permainan sederhana yang selalu sukses bikin anak kecil dan orang dewasa bahagia ini sih. Aku pun kalau papasan sama bayi, diliatin, ya udah aku ajak cilukba. Senang lihat tersenyumnya.

    ReplyDelete
  7. Anak pertamaku itu tipikal anak serius...waktu diajak main Ciluk-baa...dia gak ketawa doonk...
    Sama siapapun. Ibunya, neneknya, kakenya, apalagi orang asing.

    Tapiii,
    Sama Abinya bisa ketawa terbahak-bahak.

    Aku jadi mikir, apa karena mereka se-frekuensi yaa...jadi nyambung.
    Hahhaha~

    ReplyDelete
  8. Setau aku, selain cilukba umur segitu uda bisa di ajari warna dengan barang macam2 warna. Bukan untuk hafal warnanya sih, hehehe.. Sekedar merangsang motoriknya aja melihat macam-macam warna. Gemes banget babynya mbak, aku jadi pengen punya anak ke 4. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Jdi inget keponakan dikampung, klw di ciluk-ba pasti ketawa ngakak. Entah mengapa bisa gitu.

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/pita.oranye) (twitter=https://mobile.twitter.com/ArlindaZefy) (instagram=https://www.instagram.com/zarlindazeze/)