Resep lepat labu bungkus daun cokelat dari Desa Sosokan Taba Bengkulu

Ada yang unik saat aku ikut suami untuk lebaran di Desa Sosokan Taba, Kecamatan Muara Kemumu, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu beberapa hari yang lalu. Aku menemukan kue lepat yang agak berbeda dari yang lain.

lepat labu bungkus daun coklat
Lepat labu bungkus daun coklat (arsip pribadi)


Kenapa tidak berbeda coba, lepat tersenut adalah lepat labu dan daun pembungkusnya adalah daun cokelat. Beda kan ya?

Ia, beda.

Mengapa membuat lepat labu?
Biasanya lepat itu terbuat dari ubi atau pisang yang dicampur gandum, yang ini lain cerita. Berdasarkan hasil wawancara dengan ibu mertua dan teman-teman di Desa Sosokan Taba, mereka membuat kue lepat dari labu karena labu di sana tumbuh subur dan banyak. Jadi mereka membuat cemilan khas berbahan dasar labu.

Mengapa lepat labu dibungkus daun cokelat
Usut punya usut, ternyata daun cokelat memiliki kelebihan di banding dengan daun pisang. Makanan yang dibungkus menggunakan daun cokelat akan lebih tahan dibanding dengan daun pisang. Misal makanan yang dibungkus daun pisang akan bertahan selama sehari. Maka jika menggunakan daun cokelat maka makanan kita bisa bertahan sampai 3 hari. Waw, lama kan ya, amazing.

Karena unik aku sudah tanya resepnya kemarin, ternyata tak jauh beda dengan lepat ubi atau pisang kok. Ini resepnya:

Bahan
1/2 kg labu yang sudah masak/tua
2 bungkus tepung beras rose brand
Gula merah yang sudah dihaluskan 1/2 kg
Garam halus 1 sdt
vanili secukupnya

Cara membuat
Potong-potong labu lalu kukus
Angkat saat labu sudah lembut
Pisahkan dengan kulitnya
Ambil daging buahnya dan haluskan
Campurkan tepung beras, gula dan garam
Tambahkan pula vanili
Bungkus adonan tadi menggunkan daun cokelat
kukus selama lebih kurang 30 menit.
Angkat dan sajikan :)

Gampang kan ya? Ia dongggg
Yuk, masak :)


11 comments

  1. Boleh nih buat cemilan Baru tahu fungsinya daun coklat,, kalau di Sunda kayak buay ketimus Kali y mba dari singkong cuma gk pake tpung beras

    ReplyDelete
  2. Sumpah baru tahu juga perbedaan penggunaan daun pisang dan daun cokelat. Ya cocok ya buat pangganan gini, kan biar tahan lamaan

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah liat daun coklat kyk apa hehe. Ternyata dia punya manfaat bisa membuat makanan jd tahan lbh lama ya mbak. Well noted TFS :D

    ReplyDelete
  4. gampang nih buatnya tapi cari di mana ya daun cokelat.
    btw, apa daun cokelat mempengaruhi rasa? atau boleh diganti daun pisang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh kalau itu aku belum tahu mbak, kalau mau diganti boleh aja. Tapi kalau rasanya gimana yang aku ga tahu :D

      Delete
  5. aku baru tahu kalau daun cokelat biasa digunakan sebagai pembungkus makanan juga..

    ReplyDelete
  6. Pengen nyobain buat lepat labu ini tapi kalau dibungkus sama daun Pisang rasanya seperti apa ya jadi penasaran

    ReplyDelete
  7. Mbak zef, daun coklat itu maksudnya daun "kakao"?
    Resepnya praktis,ntar suruh mak ney bikin ah.

    ReplyDelete
  8. Oh unik yaa...
    Bisa mengawetkan makanan secara alami.

    Apa dengan dibungkus daun cokelat, makanan juga tidak perlu dihangatkan kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga perlu, tapi kalau mau yang hangat baru dihangatkan lagi

      Delete