Review Ayam Bakar Asri Solo Bengkulu



Ok guys, kini waktunya kita ngomongin yang berhubungan dengan makanan dulu, sip. Soalnya memang kalau siang-siang itu enaknya bikin postingan tentang makanan, setuju kan ya :)

Oh iya, dalam tema Food & Beverage kali ini kita  akan cerita tentang pengalaman aku dan suami makan di rumah "Ayam Bakar Asri Solo" Bengkulu. Tepatnya di kelurahan Kelurahan Penurunan Kota Bengkulu. Ga jauh dari wisata Pantai Panjang. Kalau kalian sedang di Bengkulu dan main ke Pantai Panjang terus tetiba lapar, mungkin kalian bisa ke sini.

Ceritanya hari itu aku dan suami memanfaatkan jam makan siang untuk makan di luar. Kebetulan saat itu aku aku sedang tidak begitu sibuk jadi bisa keluar makan lebih cepat. Kami memilih tempat makan yang dekat dengan tempat kerjaku. kami memilih makan di Ayam Bakar Asri Solo. Selain dekat dengan lokasi kerja, kami memilih tempat ini karena belum pernah makan bersama di sini :D


Sesampainya di lokasi aku langsung cari menu, menu mana menu. Pilihanku jatuh pada crispy beef steak dan pak suami memilih beef black paper. Jadi yang aku ada tepung-tepunganya dan pesanan pak suami murni daging. Selain itu kami pesan kentang goreng ditambah dengan kuah steak untuk makan kentang.

Nah, untuk minum kami pesan 4 macam minuman. Buanyaknyee....heheheheee....ini efek belum sarapan pagi, sebagai pelajaran nih, agar ga makan siang ga kebanyakan bagusnya sarapan pagi deh. Ini minuman pesanan kami.


Setelah dimakan ternyata rasanya enak lho, recommended untuk yang pengen makan steak dengan harga terjangkau. Steak pesanan pak suami harganya hanya Rp 23.000,- sedangkan steak crispy milikku hanya Rp 16.000,- saja. Begitu juga jus yang mereka jual, harganya rata-rata hanya Rp 9.000,- per gelas.

Pasti ada yang heran nih dengan foto makanan yang aku posting, kok tempat makan yang judulnya ayam bakar menunya steak? Betul betul betul. Ini pernah ditanyakan dengan seorang temans etelah melihat postinganku.

Jadi sejarahnya dulu tempat makan ini namanya "Steak WAW". Steak waw menyajikan beragam steak dengan harga terjangkau alias murah. tapi ada rupa ada harga ya guys. Jangan samakan steak dua puluh ribuan ini dengan steak harga ratusan ya. Steak yang disajikan dagingnya lumayan tipis, tapi enak lho menurutku. Nah...seiring perkembangan zaman ternyata steak waw mulai ditinggalkan, kayaknya warga Bengkulu kurang suka steak deh. Jadilah Steak Waw berubah namanya menjadi "Ayam Bakar Asri Solo". Sehingga walau namanya ayam bakar tetap saja sajian utamanya steak, begitu.

Bagaimana dengan pelayanan dan tempat makannya?
Pelayanan yang mereka berikan ramah deh, suka. Tempat makan menurutku juga nyaman. Kita bisa pilih mau makan ala lesehan atau makan di kursi. Ada tempat makan di luar dan ada juga tempat makan di dalam. Kami kemarin pilih yang pake kursi di bagian depan, supaya lihat pemandangan. Kebetulan kemarin di sebelah tempat makan ada induk ayam dan anak-anaknya yang sedang bercengkrama, suatu hal yang menarik untukku.

Ok, secara keseluruhan aku suka makan di sini. Mungkin akan lebih menarik lagi jika mereka menambahkan beberapa tanaman bunga di bagian depan (dasar pencinta bunga :D ).

Kalau sedang main ke Bengkulu boleh kok ajakin aku makan di sini, uhuk :D

Resep gulai gurita

Beberapa waktu yang lalu aku ceritanya ikut pak suami ke kota Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara. Jadi ceritanya nih, pak suami pergi ke sana dalam rangka urusan kerja. Karena akhir minggu aku jadi ikutan. Maklumlah, istri takut tidak sama-sama suami saat akhir minggu. Takut kangen, eaaaaa.

Kalau ke Argamakmur bisa dipastikan bahwa kami kemungkinan besar mampir ke rumah mas Timor dan mbak Andra. Mereka rumahnya dekat dengan lokasi kerja suami, mereka juga supel sekali. Jadi kalau ke Argamakmur rugi tidak mampir ke sana. Kalau kita bertamu ke rumah handai tolan apa yang  biasanya terjadi? Iyup, benar. Kami dibuatkan teh, disuguhi kue dan pada jam makan siang diajak makan.

Sebenarnya aku belum lapar saat ditawari makan oleh mbak Andra, karena kami makan lontong tunjang di warung sebelum berangkat ke Argamakmur. Bengkulu-Argamakmur kan bisa ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam. Jadi perutku masih berasa penuh. Tetapi mbak andra promosi sajian yang ia tawarkan kepada kami. Dia bilang kalau hari ini di meja makan sudah tersedia gulai gurita, guritanya langsung didatangkan dari Kabupaten Kaur. Sebagai informasi, Kaur adalah daerah penghasil gurita di Bengkulu. Ini adalah tawaran langka, aku memilih makan :D

Ditemani kerupuk dan nasi putih kalian bisa membayangka betapa nikmatnya makan siang kami akhir minggu kemarin. Apalagi kalau makannya saat perut benar-benar lapar, beh....mertua lewat tidak kelihatan bro. Gurita yang aku makan jauh dari kenyal-kenyal alot yang biasanya dirasakan kalau makan gurita. Gurita yang aku makan lembut sekali, bumbunya juga pas. Mantablah pokoknya. Ada sesuatu yang ditambahkan mbak Andra saat masak gulai gurita yang membuat gulai ini semakin mantab, petai. Gulai gurita yang kami makan banyak petainya, sedapnya.

Bagi yang ingin mencoba guai gurita boleh mencoba resep berikut.

Resep Gulai Gurita
Bahan utama
1/2 kg gurita kering

Bumbu halus 
11 buah cabai merah 
3 cm lengkuas 
1 cm kunyit 
1 cm jahe 
3 buah bawang merah 
2 buah bawang puitih 
1/2 sendok ketumbar halus


Bumbu kasar 
1 batang serai digeprek 
2 lembar daun salam 
2 lembar daun jeruk
   
Penikmat 
2 papan petai, dikupas
  
Tambahan 
Santan 100 ml 
Air  putih 1 gelas 
1 buah tomat apel iris 
1 batang bawang daun iris 
Garam dan penyedap secukupnya

Cara memasak 
1. Potong-potong gurita kering, cuci lalu rebus hingga lembut. Setelah lembut tiriskan lalu sisihkan.
2. Tumis bumbu halus dan kasar sampai harum
3. Masukkan gurita
4. Tumis sebentar
5. Masukkan air dan santan
6. Tunggu sampai mendidih, sabil sesekali diaduk
7. Masukkan petai, tomat dan bawang daun
8. Tunggu sekitar 5 menit
9. Masukkan garam dan penyedap sesuai selera
10. Angkat dan sajikan

Gampang kan ya, makasih banyak untuk mbak Andra yang sudah berbagi resep gulai guritanya. Dan untuk kalian, selamat mencoba ya.

Resep Nugget Pisang ala Zefy



Sore-sore gini nih enaknya nyemil sambil minum teh hangat. Iya kan iya dong bener kan bener dong :)

Ngomongin cemilan aku jadi ingat dengan cemilan yang pernah aku pelajari sewaktu bantu ngadain pelatihan di masyarakat akhir tahun 2017 lalu. Mayarakat minta diadakan pelatiha membuat nugget pissang. What? Nugget pisang? Aku jujur belum pernah buat tuh kue sekaligus belum pernah cicip. Permintaan masyarakat kami Ok kan. Ada positifnya menyetujui permintaan mereka, walhasil aku dan teman-teman kerja jadi bisa masak nugget pisang, iyes.


Sesuai namanya, nugget pisang itu adalah sejenis nugget berbahan dasar pisang. Bagi seorang penggemar pisang makanan ini akan sangat enak. 

Intinya nugget pisang itu adalah hasil kukusan pisang yang digoreng. Biasanya dibalut dengan tepung panir agar cantik dan agak krenyes-krenyes. Ini lho yang di bawah adalah foto hasil kukusan pisang yang siap potong dan siap goreng.


Ada yang mau coba masak nugget pisang di rumah?

Ini aku bagi resepnya ya, silahkan dicoba. Siapa tahu nanti bisa jadi cemilian kesukaan di rumah, iyes :)

Bahan:
10 Buah Pisang  Jantan
5 Sdm Gandum
Gula Pasir Secukupnya
2 Sachet Susu Bubuk (Dancow Vanila)
2 Butir Telor
1 Bgks Kecil Vanili
Garam secukupnya

Bahan Pencelup:
3 Sdm gandum (dilarutkan dengan air secukupnya hingga kental)
Tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
  • Hancurkan Pisang jangan sampai terlalu halus biarkan sedikit bertekstur
  • Campurkan semua bahan aduk hingga rata
  • Tuangkan ke dalam loyang yang sudah di olesi mentega/ minyak manis
  • Panaskan kukusan hingga beruap banyak,lalu kukus adonan selama 30 menit/sampai matang.angkat lalu dinginkan lalu potong sesuai selera
  • Celupkan potongan nugget ke dalam bahan pencelup, lalu balur dengan tepung panir lakukan hingga habis
  • Panaskan minyak lalu goreng nugget hingga kuning keemasan.

Cerita Tentang Make Up dan Kecantikan



Setiap wanita pasti ingin terlihat dan dianggap cantik oleh orang, iya kan iya kan? Ngaku deh, ga usah malu :D