Resep Sate Padang ala Zefy


resep sate padang ala zefy
Sate Padang ala Zefy
Apa kabarnya nih para koki dan penikmat makanan :)
Sudah beberapa hari kita tak jumpa di dunia maya. eaaaaaa. Semoga kita semua dalam keadaan bahagia dan selalu beruntung, aamiin.

Seperti foto yang sudah nongkrong di atas, kita akan membahas tentang resep sate padang ala aku. Ia, ala aku. Karena kan resep sate padang itu banyak sekali kan ya, nah yang ini resep ala aku yang sering dipraktekkan di keluarga. Sebagai informasi, aku tahu resep ini dari ibu. Kalau kata orang-orang sate buatan ibu top markotop lho, cobain deh kalau tidak percaya.

Yuk, masak dulu. Kita buktikan kalau sate padang ala aku itu memang enak heheheee

Kita masak untuk 1 kg daging ayam ya, nanti kalau mau memasak lebih atau kurang dari 1 kg bisa dikira-kira pengurangan atau tambahan bumbunya.


YANG HARUS DISIAPKAN
  1. 1 Kg daging (aku pake daging ayam)
  2. Tusuk sate
  3. 1/2 bungkus tepung beras 
  4. 2 liter air
  5. Lontong
Bumbu
  1. Kunyit halus 1 sdm
  2. Lengkuas (laos) halus 1 sdm
  3. Jahe halus 1 sdm
  4. Bawang putih halus 1
  5. Cabai rawit 2 sdm
  6. Kelapa sangrai  yang dihaluskan 1 sdm 
  7. 1 batang sereh
  8. 3 lembar daun jeruk
  9. 3 lembar daun salam
  10. 4 sdm kacang tanah giling kasar
  11. 1 sdm bumbu kambing atau nikma

Taburan
Bawang goreng

Tambahan
1 sdm garam kasar
Penyedap rasa (kalo mau)
Pewarna makanan (kalau mau). Kadang orang menggunkaan pewarna makanan agar lebih menarik, tetapi yakinlah kunyit yang kita masukkan ke bumbu adalah pewarna alami yang ok.

CARA MEMASAK KUAH SATE PADANG
  1. Iris dadu daging lalu tusukkan ke lidi yang telah disiapkan
  2. Tumis bumbu
  3. Didihkan air 0,5 liter air
  4. Campurkan 1,5 liter air dengan tepung beras, sisishkan
  5. Masukkan adonan tepung beras yang udah dicairkan ke air yang sudah dididihkan
  6. Masukkan bumbu yang sudah ditumis
  7. Msukkan juga kacang yang sudah digiling kasar
  8. Aduk sampai kental dan mendidih, jangan lupa kasi garam

Memanggang Sate
Ini agak lain nih, cara orang memanggang sate padang itu beda-beda lho. 

Cara 1: sebelum daging sate dipanggang, daging yang telah ditusuk dioles dengan bumbu yang telah ditumis

Cara 2: sebelum dipanggang daging dolesi dengan minyak yang telah ditumis bersama bawang merah dan bawang putih

Cara 3:mengolesi daging dengan pewarna kuning serta bayak lagi jenisnya.

Aku sudah mencoba ketiganya dan semuanya enak. Jika ingin mencoba silahkan pilih salah satu.

Silahkan mencoba yang mana yang disuka.

Info: Arang terbaik adalah arang kelapa, aromanya wangi. Untuk ukuran kematangan daging tergantung dengan peikmatnya. Ada yangs enang saat daging benar-benar masak, adapula yang suka dengan daging setengah masak.

Cara Penyajian
  1. Iriskan lontong ke dalam piring
  2. Ambil beberapa tusuk sate, celupkan ke dalam kuah sedikit lalu langsung taruh ke atas lontong
  3. Beri sate kuah sate secukupnya
  4. taburi bawang goreng
Siap makan :)
Bagaimana rasanya? enak kan? 
Kalau enak boleh sekali kalau mau kirimin ke rumahku.




QuickEdit

You Might Also Like

19 comments:

  1. Kayaknya cara nomer 2 lebih gurih, ada bawangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo..silahkan dipilih mana yang cocok :)

      Delete
  2. Mudah banget ya cara buatnya, rasanya pasti gurih dan lezat nih

    ReplyDelete
  3. Mba Zefy urang awak ya hahaha. Aku suka sate padang pokoknya lagi hangat deh. Terus lontongnya sedikit satenya yang banyaj hahaha. Belum terfikir buat sendiri nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mbakkkk...aku orang Bengkulu tapi suka makan sate Padang, iyes

      Delete
  4. Hmmmm aku jadi pengen makan sate padang.. di tempatku gak ada yang jual.. mau bikin sendiri kok ribet ya hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho ga ada yang jual toh, di sini mah banyak yang jual mbak. Hayuk bikin sendiri

      Delete
  5. Masya Allah resepnya pengen aku cobain deh mau buat sate padang juga nih

    ReplyDelete
  6. Ternyata pake tepung beras tooo yg bikin JD kental tak pikir pakai sagu ... okelah siap di coba

    ReplyDelete
  7. Aku baru tahu loh ternyata pas dibakar, sate padang dikasi bawang goreng bbiar harum. Pantes enak...

    ReplyDelete
  8. ga gitu suka sate padang yang beli di abang-abang, eh uda-uda. Tapi boleh lah kalau dikirimin hasil masak sate padang ala Mbak Zefy, barangkali cocok.

    ReplyDelete
  9. Mbak, dulu saya jijik banget kalo lihat sate padang, tapi sejak dipaksa kawan untuk cicip,eh ternyata enak, dan suka. Apalagi istri juga doyan sate padang, yah jadi doyan juga saya mah. Nah ada resep dari mbak Zef, perlu nih dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. astagah, ternyata ada yang jijik dengan sate Padang, cckkc.....tapi akhirnya mas nardi tahu rasanya dan tahu kalau ternyata enak, syukurlah :)

      Delete
  10. Ikutan mau nyoba ah resepnya, waktu di Padang ada jualan sendiri bumbunya, bikin kangen deh ke Padang lagi. Thanks ya Mbk Resep Sate Padangnya.

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/pita.oranye) (twitter=https://mobile.twitter.com/ArlindaZefy) (instagram=https://www.instagram.com/zarlindazeze/)