Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Search This Blog

Powered by Blogger.

Labels

5 Tanaman Air Pembersih Kolam Ikan


pembersih kolam

Memiliki kolam ikan di rumah merupakan kesenangan tersendiri bagi para penghuninya. Suara gemericik air akan membuat suasana menjadi lebih asri, ikan-ikan yang berenang ke sana ke mari membuat hati merasa damai, tanaman air mempercantik tampilan kolam, dan pemandangan taman rumah pun jadi lebih indah. Tapi, penghuni rumah memiliki pekerjaan rumah lebih yakni membersihkan kolam ikan yang kotor secara rutin.

Kolam ikan mudah menjadi kotor akibat kotoran ikan, debu, dan juga lumut yang tumbuh. Kolam ikan kotor ini jika dibiarkan terlalu lama bisa memperburuk tampilan taman dan menciptakan lingkungan yang tidak sehat bagi ikan. Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan kolam ikan secara rutin, tanam saja beberapa tanaman air yang bisa membersihkan lumut atau debu pada kolam seperti yang dibawah ini:

Papyrus


Papyrus payung memiliki batang dengan ujung yang dipenuhi daun-daun panjang kecil. Tanaman air yang berwarna hijau di seluruh bagiannya ini tumbuh secara berkelompok. Bagian akarnya ada di dalam air dan daun-daunnya menyembul di bagian atas. Daunnya yang cukup lebat bisa dimanfaatkan untuk peneduh ikan-ikan di dalam kolam.

Demikian 5 tanaman air yang bisa membersihkan kolam ikan. Meski begitu, bukan berarti kamu terbebas dari tanggung jawab untuk membersihkan dan menguras air sama sekali. Sekitar 2-3 bulan sekali sudah cukup kok guys.

Bambu Air


Jika bambu pada umumnya ditanam di atas tanah dan bisa tumbuh menjulang tinggi, maka tanaman air yang satu ini hidupnya di dalam air sesuai dengan namanya. Bambu air memiliki bentuk yang menyerupai tanaman bambu asli, hanya saja ukurannya lebih kecil. Tingginya hanya sekitar 25 hingga 100 cm saja. Untuk diameter batangnya sendiri, tanaman air ini maksimal tumbuh hingga 3 cm saja. Tanaman air berwarna hijau ini cocok diletakkan di sekeliling kolam ikan sebagai pembatas.

Lili


Tanaman air yang berikutnya tidak hanya mampu membuat kolam ikan menjadi lebih bersih, tapi juga mempercantiknya. Pasalnya tanaman air kala lili ini berupa bunga yang layak disandingkan dengan bunga-bunga di daratan.

Warnanya putih bersih dan bentuknya menyerupai mulut terompet. Sekilas terlihat seperti bunga plastik. Tanaman air yang cantik ini juga memiliki aroma lembut sehingga waktu bersantai di pinggir kolam akan menjadi lebih menyenangkan.

Ganggang Rantai


Ganggang rantai adalah tanaman air yang sifatnya oksigenasi alias meningkatkan kadar oksigen di dalam kolam ikan sehingga air tetap jernih dan ikan mendapat asupan oksigen yang cukup. Tanaman air yang satu ini bentuknya seperti semak-semak dan semua bagiannya bisa dibiarkan di dalam air.

Satu tandan ganggang rantai bisa bekerja efektif untuk setiap 3 meter persegi kolam ikan. Selain membersihkan kolam ikan, tanaman air ini bisa digunakan juga untuk berteduh dan berlindung oleh anak ikan.

Pisang Air 




Tanaman air yang pertama adalah pisang air atau dikenal juga dengan Typhonodorum lindleyanum. Diberi nama demikian karena bentuknya mirip seperti pohon pisang yang ada di daratan, hanya saja tanaman air ini berukuran lebih kecil. Daun agak mirip juga dengan daun talas. Tanaman air yang satu ini bisa tumbuh tinggi dengan daun yang bergelombang hingga panjang 1,5 meter. Akan cocok untuk menghiasi kolam ikan berukuran besar dan mencegah air kolam menjadi terlalu panas di siang hari.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/pita.oranye) (twitter=https://mobile.twitter.com/ArlindaZefy) (instagram=https://www.instagram.com/zarlindazeze/)